Thursday 5 January 2012

Soal olimpiade matematika kombinatorik

1. Dari 15 anggota organisasi , akan diambil 2 orang yang akan mewakili organisasi tersebut ke suatu forum. Berapa banyak susunan berbeda dari perwakilan organisasi ?
2. Sebuah perusahaan mempekerjakan 25 insinyur dan 10 orang agen penjualan. Sebuah komite yang terdiri dari 3 insinyur dan 2 agen penjualan dibentuk untuk membahas produk baru. Berapa banyakkah susunan komite yang dapat dibentuk.
3. Di Lampung,plat kendaraan terdiri dari 4 angka dan 2 abjad. Anggap angka 0 boleh ditaruh dimuka. Berapa jumlah maksimal plat yang dapat dibuat di Lampung?
4. Tentukan nilai permutasi 3 terhadap n, jika kombinasi 3 terhadap n sama dengan 12n.
5. Dua bilangan bulat positif dipilih secara acak. Berapa peluang bahwa perkalian kedua bilangan tersebut menghasilkan bilangan genap ?
6. Ada berapa banyak jalan jika huruf-huruf pada TRANSPORTATION disusun ?
7. Berapa banyak diagonal pada segi 100.
8. Empat buah dadu dilempar. Tentukan peluang munculnya jumlah mata dadu tidak lebih dari 22.
9. Ada berapa banyak bilangan ganjil yang bisa dibentuk dengan menggunakan angka-angka 2,3,5,dan 7 jika angka-angka tersebut tidak boleh diulang ?
10. Himpunan S adalah (!,£,€,§,*). Berapa banyak himpunan bagian dari S yang tak kosong ?
11. Jika faktor positif dari 2020 diambil secara acak,berapa peluang yang terambil adalah bilangan bulat?
12. Dari 10 ekor anjing di kandang kucing terdapat 5 anjing betina dan tiga anjing berwarna hijau. Diketahui bahwa seperlima anjing adalah jantan hijau. Jika seekor anjing diambil secara acak berapakah peluang terambilnya anjing betina yang bukan hijau?
13. Jika kombinasi 5 terhadap a sama dengan kombinasi 7 terhadap a. Dan b sama dengan permutasi 2 terhadap a. Tentukan nilai (a+b)
14. Misalnya Di kota Padang, nomor telepon terdiri dari 7 angka. Angka 0 diperbolehkan ditaruh dimuka. Berapa peluang bahwa ketujuh angkanya berutan(bisa naik atau turun) ? Contohnya 0123456;7654321
15. Jika x dan y adalah dua buah bilangan positif yang kurang dari 4,berapa peluang jumlah x dan y kurang dari 2 ?
16. 1 kartu bridge diambil dari tumpukannya. Berapa peluang terambilnya kartu 3 atau king ?
17. Nama-nama 18 buah poligon beraturan ditulis pada sebuah kartu. Satu poligon satu kartu. Nama-nama poligon tersebut adalah segitiga sama sisi,persegi,segi 5 beraturan,segi 6 beraturan dan seterusnya. Jika sebuah kartu diambil dari tumpukan,berapa peluang yang terambil adalah kartu yang bertuliskan nama poligon yang sudut dalamnya bukan bilangan bulat dengan sudut dinyatakan dalam derajat .
18. Permainan ROOK menggunakan 45 kartu. Kartu tersebut terdiri dari 1 rook , dan 4 jenis kartu berbeda warna yang masing masing terdiri dari 11 kartu. Warna warna tersebut adalah merah kuning hijau dan hitam. Permainan ini dimainkan oleh 4 pemain . Masing masing pemain mengambil 10 buah kartu searcr acak sehingga tinggal 5 kartu yang tidak dimainkan sampai permainan berakhir . Jika kartu rook dianggap dapat menjadi kartu berwarna apa saja. Ada berapa banyak carakah seorang pemain mendapatkan ke 10 kartu berwarna sama ?
19. Disediakan 6 bilangan positif dan 8 bilangan negatif . Empat buah bilangan diambil secara acak. Berapa peluang perkalian keempat bilangan tersebut adalah bilangan positif ?
20. Keadaan murid kemungkinannya sehat atau sakit,misalnya  murid sekarang sehat maka peluang dia tetap sehat besok adalah 95%. Jika murid hari ini sakit maka peluang ia tetap sakit besok adalah 55%. Diketahui bahwa 20% murid sekarang sakit, berapa persentase murid sakit besok ?
21. Bilangan bulat dari 1 sampai 10.000 dalam basis 10 ditulis masing-masing 1 bilangan pada 1 kartu. Satu kartu kemudian diambil secara acak. Berapa peluang terambilnya kartu bertuliskan bilangan yang sekurang-kurangnya terdiri dari 3 angka jika dituliskan dalam  basis 6 ?
Comments
0 Comments

No comments: