Wednesday 21 March 2012

Prestasi Terbaik Timnas Indonesia di Asia Tenggara


SEA Games 1987
     Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan,
Jakarta, timnas sepakbola Indonesia untuk pertama kalinya sukses menjadi juara
SEA Games. Adalah Ribut Waidi yang berhasil menyarangkan satu gol ke gawang Malaysia di partai final yang berlangsung seru dan menegangkan.Pada babak penyisihan, Indonesia membantai Brunei Darussalam 5-0 pada partai pembuka. Kemudian menahan imbang tanpa gol tim tangguh Thailand yang diperkuat striker tajam, Piyapong Pue-on.
     Di semifinal, Burma yang kini bernama Myanmar digasak 4-1. Dan di final menghadapi Malaysia, tim Merah-Putih menang 1-0. Pada injury time menit ke-91, menyisir dari sisi sayap kanan dengan ditempel ketat satu bek Malaysia, Ribut Waidi menggiring bola dan melepas tembakan ke gawang Malaysia. Gol! Emas SEA Games pertama bagi sepakbola Indonesia. Itulah salah satu gelar bergengsi dari sedikit gelar yang bisa diraih tim senior sepakbola kita.

Prestasi itu diulang kembali oleh Sudirman cs. di SEA Games Manila 1991. Tapi sejak saat itu sepakbola SEA Games benar-benar dikuasai Thailand selama 18 tahun sebelum dipatahkan oleh Malaysia pada SEA Games Laos 2009.

SEA Games 1991

     Untuk kedua kalinya timnas sepakbola Indonesia berhasil meraih medali emas pada ajang bergengsi antar negara Asia Tenggara yang berlangsung di Manila, Filipina. Di babak pamungkas, Indonesia mengalahkanThailand 4-3 melalui drama adu penalti.
     Sejak pria Rusia bernama Anatoli Fyodorovich Polosin dengan pemain seperti Ferryl Raymond Hattu, Aji Santoso, Sudirman, Peri Sandria hingga Widodo Cahyono Putro membawa Tim Merah Putih memenangi emas Sea Games 1991 di Manila, kisah sepak bola kita selalu saja berakhir pahit. Tahun ini, genap 20 tahun sejak kali terakhir kita merasakan nikmatnya juara
Comments
0 Comments

No comments: