Monday, 9 July 2012

Jurusan Kuliah dengan Masa Depan yang Cerah



Dalam kesempatan kali ini saya akan menelaah tentang prospek beberapa jurusan yang mungkin bisa dijadikan pedoman bagi kalian untuk memilih jurusan
1. Dari dulu sampai sekarang, bidang perminyakan bak primadona dengan gajinya yang sangat menggiurkan.Pembukaan lapangan baru dimana-mana menjanjikan lapangan kerja yang tak pernah habis untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi). Lagi pula jurusan - jurusan ini masih sangat sedikit sementara kebutuhan banyak. Untuk Geologi dan Geofisika peluang lebih besar lagi. Geologis Indonesia saat ini sedang diburu untuk mengisi kekosongan di Timur Tengah yang kekurangan Drilling engineer. Gaji?? kerja 15 tahun mungkin sudah cukup membiayai pensiun anda. Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan ckup besar. Sekali lagi, kebutuhan banyak lulusan sedikit. Persaingan luar biasa berat deh di ITB daya tampungnya pada 2012 hanya 137 sementara peminat sampai tiga  ribu lebih.
2. Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Teknik Sipil masih sangat prospektus!! Hanya saja yang perlu diingat, penghasilan di kontraktor tidak terlalu besar. Setara dengan PNS golongan 4A. Tapi teknik sipil tak hanya menghasilkan kontraktor. Anda juga bisa mendapat pekerjaan lain dengan gaji yang menggiurkan. Persaingannya juga cukup berat bro. Di Universitas Sriwijaya saja ada 1141 peminat pada tahun 2011 sementara daya tampung pada 2012 hanya 83 orang saja
3. Telekomunikasi. Di perkembangan teknologi informasi saat ini, dijamin deh bidang Telkom sangat menjanjikan sampai beberapa  tahun ke depan. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang STT Telkom dan ITB. UI, UGM dan ITS juga cukup bagus. Persaingan di sini juga sangat berat dari daya tampung ITB tahun 2012 sebanyak 172 yang berminat tahun 2011 hampir 3000.
4. Pemerintah telah mencanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. jika 1 PLTU berkapasitas 300 MW maka dibutuhkan 30 engineer pembangkitan maka akan ada lowongan untuk sekitar 1000 engineer pembangkitan dari jurusan Teknik Elektro konsentrasi Power, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Gaji besar. Sangat prospektus!! Listrik sangat dibutuhkan orang banyak jadi gak usah takut gak dapet kerjaan.PLTU bukan cuma operasi tapi juga konstruksi. Kerjaan lagi buat Elektro, Teknik Fisika dan Teknik Mesin,Teknik kimia.
5. Pengembangan Energi Terbarukan butuh banyak insinyur.
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) : Teknik Sipil
PLT Mikrohidro : Teknik Sipil, Teknik Fisika
PLT Matahari, Angin : Teknk Fisika dan Teknik Mesin
PLT
 Biodiesel dan Bioethanol : Teknologi Pertanian, Teknik Kimia
PLT Panas Bumi : All engineering: Gaji besar !!
7. Teknologi Informasi. Lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. Terlebih lagi, kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer.
8. Petrokimia. Teknik Kimia masih terus berjaya. Direkomendasikan buat masuk di  UGM, ITB, UI, UNDIP, dan ITS. Tapi kalau kalian gak bisa kimia jangan coba coba deh daripada kalian tersiksa.
9. Teknik Nuklir. PLTN segera dibangun. Jurusan nuklir di Indonesia baru ada satu yaitu di UGM. Kalau kalian masuk sini prospek bagus deh.
10. Bidang kedokteran
Bidang ini memang tidak pernah
 sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja dibutuhkan 2000 perawat Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi. Ini peluang yang bagus. Kebidanan?? Jangan salah, saya justru sangat merekomendasikan jurusan ini. Setahu saya, tidak ada Bidan yang tidak kaya alias lebih dari cukup. prospek jelas bagus. Tapi perlu diingat diperlukan kantong super tebel kalo mau masuk kedokteran.
11. Jurusan-jurusan desain (Diskomvis, Interior, dll)
Dijamin prospeknya bagus banget. Teman2 saya yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan…
Ingat, terbaik masih di UK Petra Surabaya dan ISI Jogja. Tapi kabarnya ITB mulai menyusul…
12. Kartografi dan penginderaan jauh
Jangan meremehkan jurusan ini, diam2 jurusan ini punya prospek sangat bagus
13. Teknik Industri dan Teknologi Industri Pertanian. Kedua jurusan ini sebenarnya mirip. Kurikulum juga hampir sama. Keduanya masih sangat bagus prospeknya. TApi sekali lagi, mereka bukan bagian exact engineering. Sangat bagus jika kemampuan kmunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini. Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan (maksudnya engineering ability). Beberapa perusahaan yang engineering banget dan tidak jualan produk jarang yang mencari lulusan industrial technology. Kakak saya yang kerja di perusahaan gas & minyak mengatakan kalo semua teknik bisa masuk ke pershaan tersebut kecuali industri dan arsitek.Jadi, kalo mau masuk jurusan ini. Segera latih kemampuan komunikasi. Pas kuliah, kalau mau berkarir di perusahaan, arahkan pandangan ke perusahaan2 consumer goods macam Unilever dll. Jangan yang engineering macam tambang dan konstruksi. Peluang tetap ada tapi tak sebesar di consumer goods, dealer (Astra, sun motor dll). Sense of design juga penting untuk dilatih. Karena selain bagian produksi dan marketing,tata letak pabrik juga sering menjadi bagian kerjaan teknik industri

setiap tahun jurusan yang berprospek tak selalu itu itu aja. Anda harus meng up date karena bisa saja tahun lalu prospeknya bagus tapi tahun ini gak berprospak sama sekali. Perlu diingat juga bahwa prospek yang bagus bukanlah satu-satunya pertimbangan anda untuk memilih jurusan kuliah. Anda juga perlu menyesuaikan dengan bakat dan minat anda serta kemampuan orang tua anda untuk membiayai kuliah. Jangan sampai anda putus kuliah di tengah jalan. Selamat memilih!!





Sumber : fathonezic.wordpress.com

Comments
2 Comments

2 comments:

Gita rahmadia said...

wah,keren-keren tuh jurusannya jadi makin bingung milih yang mana

Agung Septa Pratama said...

jangan bingung-bingung mbak