LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI
PERCOBAAN INGENHOUZ
DISUSUN OLEH
1. Abi Yusman P
2. Agung Septa P
3. Satya Wiratamas
4. Viko Azi Cahya
Kelas
XII A 2
SMA
NEGERI 1 METRO
TAHUN
PELAJARAN 2012/13
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb.
P
|
uji syukur kami ucapkan Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat dan hidayah-Nya sehingga praktikum biologi ini yang bertujuan Mengetahui
Jenis-jenis Cahaya Matahari yang Digunakan oleh Tumbuhan untuk Berfotosintesis
dapat kami selesaikan.
Dalam penyusunan laporan praktikum biologi ini banyak pihak yang
telah membantu kami baik secara langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat
kami sebutkan satu-persatu. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih
kepada pihak-pihak yang telah membantu kami baik secara langsung maupun tidak
langsung.
Kami harap laporan praktikum biologi ini dapat bermanfaat untuk
kita semua. Kamipun menyadari dalam pembuatan laporan ini masih banyak
kekurangan maupun kesalahan, seperti kata pepatah “tak ada gading yang tak
retak“ karena kami hanya manusia biasa yang masih perlu banyak belajar. Oleh
karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk
penyusunan laporan selanjutnya yang lebih baik lagi.
Wassalamualaikumsalam
Wr. Wb.
Metro, September
2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
I.
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang............................................................................ 1
I.2 Tujuan Penelitian........................................................................ 1
II.
METODE
PENELITIAN
II.1 Alat dan Bahan Penelitian........................................................... 2
II.2 Waktu Penelitian......................................................................... 2
II.3 Cara kerja.................................................................................... 2
III.
ISI
III.1 Hasil Pengamatan....................................................................... 4
III.2 Analisis Data.............................................................................. 5
III.3 Pembahasan................................................................................ 6
IV.
PENUTUP
IV.1 Kesimpulan................................................................................ 7
IV.2 Penutup...................................................................................... 7
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
|
|
Jan
Ingenhousz (1799), membuktikan bahwa padaproses fotosintesis dilepaskan O2
(oksigen). Hal ini dibuktikan dalam percobaannya menggunakan tanaman air Hydrilla verticillata di dalam gelas
beker di bawah corong terbalik yang ujungnya diletakkan sebuah tabung reaksi.
I.2 Tujuan Penelitian
Mengetahui jenis - jenis cahaya matahari yang digunakan
oleh tumbuhan untuk berfotosintesis.
BAB II
METODE PENELITIAN
II.1 Alat dan Bahan Penelitian
1.
Gelas beker
1000 cc 1
buah
2.
Corong gelas 1
buah
3.
Tabung reaksi 1
buah
4.
Ember 1
buah
5.
Sampul plastik
warna hijau,merah,kuning,biru,ungu,jingga
6.
Hydrilla 5
cabang
7.
Air secukupnya
II.2 Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan pada hari Selasa, 18 September 2012 dilakukan
selama 2 jam mata pelajaran ( ± 90 menit )
II.3 Cara Kerja
1.
Ambil lima
cabang Hydrilla dengan ukuran yang sama, yaitu 5 cm setiap potong.
2.
Letakkan 5
cabang Hydrilla tersebut di dalam dasar gelas beker.
3.
Susun alat-alat
percobaan seperti gambar.
4.
Letakkan
alat-alat percobaan di tempat yang terkena cahaya matahari.
5.
Amati
jumlah/banyak gelembung yang muncul dan tampak pada ujung tabung reaksi dan
catat setiap 15 menit sebanyak 3 kali.
6.
Pengamatan
berlangsung dengan baik terhadap kelompok lain yang dijadikan untuk
perbandingan.
7.
Catat semua hasil
pengamatan sesuai dengan pengamatan.
BAB III
ISI
III.1 Hasil Pengamatan
No.
|
Warna Sampul
Plastik
|
Percobaan ke-
|
Waktu
|
Perubahan
tinggi pengurangan air
|
Tinggi total pengurangan air
|
1.
|
Merah
|
1
2
3
|
15 menit
15 menit
10 menit
|
0,9 cm
0,5 cm
0,2 cm
|
1,6 cm
|
2.
|
Jingga
|
1
2
3
|
15 menit
15 menit
10 menit
|
0,6 cm
0,3 cm
0,7 cm
|
1,6 cm
|
3.
|
Kuning
|
1
2
3
|
15 menit
15 menit
10 menit
|
0,4 cm
0,4 cm
0,5 cm
|
1,3 cm
|
4.
|
Hijau
|
1
2
3
|
15 menit
15 menit
10 menit
|
0,7 cm
0,7 cm
0,4 cm
|
1,8 cm
|
5.
|
Biru
|
1
2
3
|
15 menit
15 menit
10 menit
|
0,5 cm
0,4 cm
0,4 cm
|
1.3 cm
|
6.
|
Ungu
|
1
2
3
|
15 menit
15 menit
10 menit
|
0,5 cm
0,2 cm
0,4 cm
|
1,1 cm
|
III.1 Analisis Data dan Pembahasan :
1. Pada plastik merah, oksigen yang dihasilkan pada tabung sepanjang
0,9 cm dan 0,5 cm pada 15 menit pertama dan kedua serta 0,2 cm pada 10 menit
terakhir.
2. Pada plastik jingga, oksigen yang dihasilkan pada tabung sepanjang
0,6 cm dan 0,3 cm pada 15 menit pertama dan kedua serta 0,7 cm pada 10 menit
terakhir
3. Pada plastik kuning, oksigen yang dihasilkan pada tabung sepanjang
0,4 cm dan 0,4 cm pada 15 menit pertama dan kedua serta 0,5 cm pada 10 menit
terakhir
4. Pada plastik hijau, oksigen yang dihasilkan pada tabung sepanjang
0,7 cm dan 0,7 cm pada 15 menit pertama dan kedua serta 0,4 cm pada 10 menit
terakhir
5. Pada plastik biru, oksigen yang dihasilkan pada tabung sepanjang
0,5 cm dan 0,4 cm pada 15 menit pertama dan kedua serta 0,4 cm pada 10 menit
terakhir
6. Pada plastik ungu, oksigen yang dihasilkan pada tabung sepanjang
0,5 cm dan 0,2 cm pada 15 menit pertama dan kedua serta 0,4 cm pada 10 menit
terakhir. Oksigen yang dihasilkan sedikit karena warna ungu merupakan warna yang
terang sehingga proses percobaan ini tidak menghasilkan banyak oksigen.
4.1. Pembahasan dan Analisis Data
Pengaruh Panjang Gelombang
terhadap Proses Fotosintesis.
Cahaya
matahari tampak yang memilki berbagai macam jenis sinar yang ditinjau dilihat
dari panjang gelombang seperti sinar ungu (380-450 nm), sinar biru (450-500nm),
sinar hijau (500 – 550 nm), sinar kuning (550 – 600 nm), sinar jingga (600 –
650 nm), sinar merah (650 – 700 nm), sinar violet (700-750nm).
Setiap
panjang gelombang akan memberikan pengaruh yang berbeda terhadap proses fotosintesis.
Krolofil a berperan langsung dalam reaksi terang. Klorofil a mampu menyerap
terutama cahaya merah dan biru ungu. Klorofil a berperan langsung dalam reaksi
terang. Klorofil a terlihat hijau karena memantulkan cahaya hijau. Klorofil b,
menyerap terutama cahaya biru dan oranye dan memantulkan cahaya hijau-kuning.
Karotenoid, adalah pigmen kuning oranye yang menyerap cahaya biru-hijau.
Sehingga
dalam reaksi terang panjang gelombang yang dibutuhkan adalah cahaya merah, dan
cahaya biru -ungu. Kedua spektrum cahaya ini, mempengaruhi jumlah gelembung O2
yang dihasilkan.
Dilihat
dari perlakuan yang di berikan kepada ke 4 gelas kimia tersebut, hanya terdapat
perbedaan warna kertas minyak yang digunakan. Kertas minyak hijau memantulkan
gelombang hijau, yang tidak diperlukan dalam proses fotosintesis, sehingga
gelombang cahaya tampak yang masuk ke dalam gelas kimia adalah semua gelombang
selain gelombang hijau. Hal ini menguntungkan bagi klorofil a, yang menyerap
cahaya merah, biru – ungu. Klorofil yang berperan langsung dalam reaksi terang
ini, akan diperingan pekerjaannya dengan tidak memantulkan cahaya hijau sebesar
cahaya merah, biru-ungu yang diterima. Sehingga reaksi terang berlangsung lebih
cepat dan oksigen yang dihasilkan bertambah banyak. Sementara kertas minyak
biru, merah akan memantulkan cahaya biru dan merah pula. Hal ini yang
mengakibatkan klorofil a mendapatkan sedikit cahaya merah, biru, dan jumlah
gelembung yang dihasilkan pun semakin sedikit.
BAB
IV
PENUTUP
IV.1 Kesimpulan
Dari
percobaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa cahaya hijau lebih
banyak menghasilkan perubahan tinggi air daripada cahaya merah, cahaya orange
lebih banyak menghasilkan perubahan tinggi air daripada cahaya biru, dan cahaya
kuning lebih banyak menghasilkan perubahan tinggi air daripada cahaya ungu.
Sehingga dengan kata lain, cahaya hijau lebih banyak menghasilkan perubahan
tinggi air, sedangkan cahaya ungu lebih sedikit menghasilkan perubahan tinggi
air.
IV.2 Penutup
Demikianlah laporan pratikum ini kami buat berdasarkan hasil
pratikum yang telah kami lakukan dan diperkuat oleh beberapa buku-buku biologi
pendamping kami.
Sekian laporan pratikum dari kami, mudah-mudahan laporan ini
berguna untuk siapa saja yang membaca.