Saturday 20 July 2013

Jangan Takut Berbuat Jujur

Seorang CEO bermaksud untuk pensiun dan ingin menyerahkan jabatannya tersebut kepada salah seorang karyawan terbaiknya.

Untuk itu Ia memanggil seluruh karyawannya lalu memberikan masing-masing dari mereka sebutir benih di tangannya dan berkata :
" Rawat, pupuk, siram dengan teratur benih ini dan kembalilah 3 bulan dari sekarang dengan membawa tanaman yang tumbuh dari benih ini !"
" Yang terbaik akan menjadi pengganti ku sebagai CEO di perusahaan ini."

Salah seorang karyawan bernama Toni yang juga mendapat Benih tersebut langsung pulang ke rumah dan merawat benih tanaman tersebut. Setiap hari benih itu ia siram dengan air dan diberinya pupuk.

Setelah tiga bulan, di kantor, semua orang saling membicarakan kehebatan tanaman mereka yang tumbuh dari benih tersebut. Hanya benih Toni yang tanamannya tidak tumbuh sama sekali.
Toni merasa gagal.

Setelah tiga bulan, seluruh eksekutif menghadap CEO untuk memperlihatkan hasil benih tersebut.

Toni berkata kepada istrinya bahwa ia tidak akan membawa pot yang kosong, namun istrinya mendorong untuk tetap membawa pot kosong tersebut apa adanya untuk memenuhi janji kepada sang CEO tiga bulan yang lalu.

" Bawa aja Mas, meskipun Mas gagal untuk bisa menumbuhkan benih tersebut, paling tidak Mas Toni sudah menunjukan itikad baik sudah berusaha semaksimal mungkin merawatnya sesuai dengan permintaan CEO tersebut " demikian kata istrinya.

"Baiklah " Jawab Toni, meskipun dengan hati ciut karena merasa tidak bisa melaksanakan perintah sang CEO dengan sebaik-baiknya.

Masuk ruang meeting, Toni membawa pot kosong.
Seluruh mata memandangnya kasihan.

Ketika CEO masuk ruangan, ia memandang keindahan seluruh tanaman yang katanya hasil dari benih-benih itu, hingga akhirnya berhenti di depan Toni yang tertunduk malu.

Sang CEO memintanya ke depan & Toni disuruh menceritakan kronologisnya setelah ia selesai cerita, CEO berkata,
"Beri tepuk tangan untuk Toni, CEO kita yang baru"

Ia kemudian berkata
"Semua benih yang kuberikan kepada kalian sebelumnya telah kurebus dengan air panas hingga mati dan tidak mungkin tumbuh lagi. Jika benih kalian dapat tumbuh, berarti kalian telah menukarnya & berbohong padaku. Kecuali Toni, hanya dia yang jujur. Taburlah kejujuran, kalian akan menuai kepercayaan.”

Jangan pernah takut berbuat JUJUR!
Comments
0 Comments

No comments: