Saturday 17 December 2011

ASEAN Para Games

 

    ASEAN Para games adalah pesta olahraga 2 tahunan yang diperuntukan bagi atlet-atlet difable(kurang mampu secara fisik) dari kesebelas negara Asia Tenggara yaitu Brunei,Kamboja,Indonesia,Laos,Malaysia, Myanmar, Filipina,Singapura,Thailand,Timur Leste,dan Vietnam.
 
ASEAN Para Games diadakan setelah Sea Games selesai diselenggarakan. Sedangkan tuan rumah ASEAN Para Games mengikuti tuan rumah Sea Games pada tahun yang sama. ASEAN Para Games diadakan pertama kali di Kuala Lumpur,Malaysia pada tahun 2001. Tidak semua negara ASEAN pernah merasakan menjadi tuan rumah. Baru 5 negara yang pernah merasakannya yaitu Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand dan Indonesia (sedang).

     Untuk gelar juara umum,Malaysia adalah negara pertama yang merasakannya yang kala itu bertindak sebagai tuan rumah pertama. Sementara gelar juara umum terbanyak berhasil diraih oleh Thailand yaitu sebanyak 4 kali berturut-turut pada tahun 2003,2005,2007,dan 2009. Itulah 2 negara yang pernah mencicipi dan sedang menguasai gelar juara umum. Sedangkan negara lain belum pernah merasakannya termasuk Indonesia.


     Bertindak sebagai tuan rumah di Solo pada tanggal 12-22 Desember 2011, Indonesia harusnya bisa meraih gelar juara umum untuk pertama kalinya. Ya,bagaimana tidak. Para atlet bertanding di depan pendukung sendiri dan itu harus dimaksimalkan. Berjuanglah atlet Indonesia. Harumkan nama bangsa. Kami disini tuk mendukungmu.

Comments
0 Comments

No comments: