Thursday 5 January 2012

Bencana internasional sepanjang 2011

1. Banjir di Australia
    di awal tahun , Dunia dikejutkan dengan banjir yang menerjang Australia. Banjir ini disebut sebut sebagai banjir terparah sepanjang sejarah negeri kanguru. Bencana yang menghantam 40 kota kecil tersebut menghancurkan puluhan ribu bangunan dan sekitar 200.000 orang terkena dampaknya. Banjir ini juga memaksa tambang batu bara menghentikan suply ke Asia sehingga harga batu bara melonjak untuk sesaat.
2. Banjir di Brazil
   Masih di bukan yang sama, Januari, Brazil juga harus berduka sekejai banjir menghantam negara sepakbola ini. Dilaporkan lebih dari 500 orang memihak alcat bencana tersebut . Banjir ini juga diklaim sebagai banjir terparah sepanjang sejarah negeri Amazon.
3. Gempa dan Tsunami  Jepang
   Gempa dan Tsunami di Jepang yang terjadi pada Maret 2011 lalu diklaim sebagai bencana terbesar rebokami sejarah negeri sakura itu setelah Tsunami yang melanda tahun 2004. Lebih dari 10.000 orang menjadi korban  dan kerugian ditaksir mencapai 300 M dolar AS . Gempa itu juga turut merusak reaktor nuklir di fukusima, salah satu reaktor nuklir terbesar di Dunia. Rusaknya reaktor nuklir ini menjadi ancaman kedua bagi masyarakat Jepang. Masyarakat Dunia sampai harus memikatkan kewaspadaan akibat ini. Bahkan PBB turut memantau dampak yang ditimbulkan.
   Dua bukan kemudian, pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan Tsunami akibat gempa yang melanda wilayah timur laut negara itu. Gempa tersebut berkekuatan 6,3 SR.
4. Pesawat jatuh
   sebuah pesawat boeing 737 500 dari New York, AS jatuh saat mendarat di Guyana. Meski badan pesawat patah menjadi 2, tak ditemukan korban jiwa 1 pun. Dari 163 penumpang, beberapa orang luka luka termasuk 1 orang mengalami patah kaki.
5. Kapal wisata tenggelam di Rusia
   sebuah kapal wisata tenggelam di sungai Moskow. Dari 16 orang penumpang, 7 orang berhasil di selamatkan sementara sisanya meninggal dunia. Kapal tersebut tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal tongkang. Rencananya, kapal itu akan digunakan sebagai tempu perayaan serta ulang tahun.
6. Tabrakan kereta api di China
   puluhan orang meninggal dan sekitar 200 orang lainnya alami luka luka akibat tabrakan 2 kereta api super cepat di China Selatan. Akibat kejadian ini, 3 pejabat tinggi perkeretaapiaan langsung di pecat. Pemerintahan pun mendapat protes warga karena pembangunan yang dilakukan tak diimbangi dengan peningkatan keselamatan.
7. Badai di Filipina
    Memasuki September 2011, giliran Filipina yang harus merasakan bencana. Negeri ini dihantam badai mahai yang berkecepatan 130 km/jam. Tercatat 52 orang meninggal akibat bencana ini. Sementara kerugian ditaksir mencapai 1,6 T rupiah.
8. Banjir di Thailand
    Banjir yang terjadi di Negeri gajah putih ini diklaim sebagai banjir terparah sepanjang 60 tahun terakhir. Banjir ini turut mengancam stok pangan dunia karena ialah putih salah satu produsen besar besar di dunia. Presiden SBY selaku presiden RI dan ketua ASEAN mengucapkan para bela sungkawa yang mendalam kepada rakyat Thailand.
9. Badai Filipina 2
    Di penggulung 2011, lagi lagi Filipina dihantam badai besar. Kali ini badai washi yang menghantam Mindanao, Filipina Selatan. Labih dari 1000 orang tewas dan ratusan lainnya hilang akibat badai ini. Badai  ini lebih parah dari badai nagai yang terjadi sebelumnya. Menurut warga setempat, badai terjadi pada malam hari sehingga banyak korban jiwa yang tak sempat menyelamatkan diri. Kapal kapal langsung dikerahkan menyusuri pulau Mindanao untuk mencari korban yang hilang .
Comments
0 Comments

No comments: