Friday 2 March 2012

cerpen keledai yang pandai

     Pada suatu hari, ada seekor keledai yang mengamuk di sebuah desa. Ia mengamuk akibat habitatnya dirusak oleh warga desa tersebut. Suatu malam, keledai itu mengeluarkan suara-suara aneh yang sangat keras hingga mengganggu tidur warga. Warga pun kesal dan berniat membunuh keledai itu keesokan paginya.
      Warga yang sudah dibakar rasa marah dan kesal beramai-ramai mencari keledai pengganggu tersebut. Setelah ditemukan,warga langsung menggiring keledai itu ke sebuah jurang yang sangat dalam di pinggiran desa. Ketika berada di bibir jurang seorang warga langsung menendangnya hingga jatuh ke dalam jurang dengan badan yang penuh luka. Meski demikian, keledai tersebut masih berjuang mempertahankan hidupnya.
      Melihat keledai tersebut belum mati, warga merasa belum puas. Mereka berusaha mengubur keledai dengan menjatuhkan tanah yang ada di sekitar mereka. Sedikit demi sedikit tanah mereka jatuhkan hingga jurang yang dalam tadi tertutupi semua dengan tanah. Apakah upaya mereka berhasil ? ternyata tidak. Keledai berhasil selamat . Tahukah kalian apa yang keledai lakukan hingga ia berhasil selamat ? keledai selamat karena memiliki akal yang cerdas dan terus bergerak. Di saat ada tanah yang jatuh ke punggungnya,keledai langsung menjatuhkan tanah tersebut dan menaikinya begitu seterusnya hingga ia selamat.  Jika keledai berhenti sebentar saja, maka tanah akan segera menguburnya yang berarti dia mati.
  Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah ini adalah
     Bahwa kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Kita harus terus bergerak untuk menggapai tujuan kita. Bila kita berhenti, berarti kita mati.

Comments
0 Comments

No comments: