Wednesday 13 June 2012

Progresifitas Pemuda Islam


Untuk menjadi Pemuda Islam yang tangguh, Al-Qur’an dalam surat Fushilat ayat 33 menerangkan : “Dan siapakah yang paling baik dari pada orang yang berdakwah kepada Allah, beramal yang baik dan berkata:’sesungguhnya aku ini adalah termasuk orang-orang yang berserah diri’”. dari surat tersebut dapat kita tarik tiga hal pokok yang harus menjadi prinsip progresifitas Pemuda Islam yaitu:
  1. Berdakwah atau mengajak umat ini kepada Allah. Dengan kata lain seorang pemuda harus berani mengungkapkan kebenaran yang ada pada Islam, serta membeberkan kerusakan-kerusakan yang ada pada sistem atau pada ide-ide Barat yang banyak diikuti oleh pemuda-pemuda yang keblinger. Dengan dakwah ini pemuda-pemuda pada masa Rasulullah sanggup mengubah kultur yang rusak ke arah yang baik, menegakkan panji-panji Islam dan sanggup menghancurkan setiap kebatilan yang ada. Melalui dakwah ini pula Rasulullah dan Sahabat-sahabatnya yang tergolong sebagai pemuda, mengadakan pemberangusan terhadap idiologi-idiologi yang bertentangan dengan Islam dan menyebarkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta.
  2. Beraktivitas yang baik dan sesuai dengan syari’at-syari’at Islam. Seorang pemuda seharusnya bisa beraktivitas yang bermanfaat bagi dirinya dan bagi orang lain, dengan batasan-batasan syari’at Allah.
  3. Seorang Pemuda Islam yang benar-benar bertaqwa, harus berserah diri pada Islam. Maksudnya pemuda harus menjadikan Islam sebagai standart dari perilaku, sehingga kehidupan seorang pemuda akan benar-benar mendapat ridla Allah SWT.
Apabila tiga hal pokok tersebut mampu benar-benar secara optimal dilakukan Pemuda Islam, maka dengan izin Allah kita akan akan mengkanfas zaman dengan kebaikan dan keberkahan.

Kepada Pemuda Islam seluruhnya: demi fase-fase yang pendek, ringkas hidupmu menjadi; lahir, revolusi dan syahid. Semoga janji Allah dalam surat pada surat An Nuur : 55 kita dapatkan.

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan yang mengerjakan amal-amal yang baik, bahwa Dia sungguh-sungguh akan menja- dikan mereka berkuasa di muka bumi ini sebagaiman telah Dia jadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa. Dan sungguh-sungguh Dia akan menegakkan bagi mere- ka agama yang telah diridloi-Nya untuk mereka. Dan Dia benar-benar akan menu- kar (keadaan mereka) sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sen- tosa. Oleh karena itu mereka menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku.” 
Comments
0 Comments

No comments: