Monday, 31 December 2012

Merayakan tahun baru itu gak ada gunanya



Saat ini sedang santer-santernya di masyarakat kita mengenai perayaan tahun baru. Maklum saja hanya tinggal hitungan jam tahun ini akan segera berakhir. Maka dari itu, saya mengajak para pembaca untuk membahas perayaan tahun baru itu sendiri.

Menurut kalian perayaan tahun baru itu ada gunanya gak sih ? Apa pentingnya kita merayakan tahun baru ?  Atau apa manfaatnya ?  Kalau menurut saya, tahun baru itu tidak penting untuk dirayakan. Tahun baru bukanlah sebuah prestasi besar yang lantas membuat kita bangga lalu merayakannya. Tahun baru hanyalah soal waktu. Waktu yang selalu berganti. Seperti halnya pergantian detik. Detik yang satu berganti ke detik yang lain. Bagitu juga tahun. Tahun yang satu berganti dengan tahun yang baru. Tak ada sesuatu pun yang membuat kita bangga, yang membuat kita harus merayakannya.

Lagipula, merayakan tahun baru adalah budaya orang barat yang saya pikir tidak sesuai dengan kebudayaan bangsa kita. Mengingat tak ada manfaat yang kita peroleh dari melakukannya . Ya tak ada manfaatnya. Yang ada justru tindakan hura-hura, menghabiskan uang untuk pergi ke sini, pergi ke situ, beli ini beli itu, liat ini liat itu. Apa manfaatnya ?

Setahu saya, tidak pernah pula Rasulullah mengajarkan umatnya bagaimana merayakan tahun baru. Jadi, buat apa kita sok sok an merayakan tahun baru ? Islam saja tak pernah memberi penjelasan mengenai merayakan tahun baru bahkan merayakan tahun baru  adalah budaya orang Barat. Bukankah orang yang menyerupai suatu kaum maka Allah akan menganggapnya sama dengan kamu tersebut. Jadi, kalau kita seperti orang kafir maka Allah akan menyamakan kita dengan orang-orang kafir.

Fakta statistik di lapangan justru menunjukkan terjadinya banyak kecelakaan di saat malam pergantian tahun. Disaat orang-orang tumpah ruah di jalanan dengan wajah yang gembira menyambut datangnya tahun baru. Tapi apa ? Banyak yang masuk rumah sakit, terluka atau bahkan mungkin ada yang meninggal dunia hanya gara-gara ingin merayakan malam pergantian tahun.

Jadi, buat apalah kita bersusah payah merayakan malam pergantian tahun baru yang gak jelas manfaatnya itu ?  Alangkah baiknya jika malam pergantian tahun ini kita isi dengan introspeksi diri. Apa saja yang telah kita lakukan sepanjang tahun ini. Apa saja kesalahan kita selama tahun ini yang harus kita ubah di tahun mendatang. Atau bisa juga kita isi dengan memunculkan harapan-harapan baru, mimpi-mimpi baru yang ingin kita capai pada tahun depan sehingga membuat kita jadi  memiliki semangat baru untuk menjalani kehidupan pada tahun mendatang.

Sekali lagi, tak ada gunanya kita merayakan tahun baru dengan hura-hura, karena hakekatnya`tahun baru mengingatkan kita bahwa hari akhir semakin dekat.
Comments
0 Comments

No comments: