Monday, 24 June 2013

Pengalaman SBMPTN



Udah lama nih gak ngeblog. Udah kangen banget(set agak lebay...). Maklum sibuk nyiapin sbmptn (so bgt..). Tapi gak pa pa. Sekarang udah selese kok sbm nya jadi udah bisa ngeblog lagi. Kali ini gua mau share pengalaman sbm gua kemarin nih. Dibaca ya ( ...iya...)

Gua sbmnya dapet tempat di Umitra, Bandar Lampung jauh banget sih dari rumah maklum deh namanya juga  gak nginep di tempat sodara( karna emang gak punya sodara sih disana) n gak nyari tempat nginep. Gua pp(pergi pulang) jadi kerasa banget deh betapa jauhnya dari rumah gua yang ada di Lampung Timur. Perjalanannya makan waktu satu seperempat jam ngebut dari rumah.

Pagi pagi buta jam empat gua udah bangun solat malem abis itu langsung mandi wow kebayang gak tu betapa dingin nya aer jam empat pagi tapi gak pa pa demi tiba di tempat tes tanpa terlambat gua bela-belain. Abis mandi langsung make baju, makan trus solat subuh langsung cau.

Gua berangkat naek mobil dianter ama bokap gua ya iyalah orang gua belum bisa bawa mobil lagipula kalo gua bisa trus gua yang bawa bisa bisa kecapean gua ampe sana. Gua berangkat jam lima kurang seperempat masih gelep banget dan sepi banget. Di dalem mobil gak cuman kami berdua ada juga adek gua tiara sama sodara gua si riski. Bokap gua bawa mobilnya lumayan ngebut maklum perjalanan jauh bro. Membelah kabut tebal sepanjang jalan gara-gara abis ujan dahsyat kemarennya. Untungnya hari itu gak ujan kayak kemarennya.

Tadinya gua kira bakalan nyampe umitranya jam setengah tuju tapi ternyata lebih cepat jam enam lewat kami udah nyampe. Gua liat disana belom ada peserta tes sbm. Gua dateng partama. Kepagian(bgt). Gua pikir manding dateng kepagian dari pada entar kejebak macet trus telat. Ya namanya juga kota besar kita harus pinter pinter ngindarin macet.

Hal pertama yang gu alakuin di sana adalah nyari kelas tempat gua tes. Gua liat di lantai paling bawah ada tulisan A1.1 sedangkan kelas gua tes C4.6. gua kira kelas gua ada di lantai paling atas lantai empat. Pas gua tiba di lantai dua ternyata bukan B tapi A gua naek lagi ke lantai tiga A lagi gua penasaran naek lagi ke lantai empat gak taunya masih A. Gua tanya deh ke klining servis kelas C dimana. Katanya gedung C ada di belakang.

Gua langsung turun dan bener ada tulisan C ngarah ke belakang emang dasar guanya aja yang gak liat n terlalu bersemangat(ciyyee..). Gua juga baru tau kalo ada gedung lagi di belakang. Gua kira cuman yang ada di depan.

Sekarang gua ngerti C4.6 itu artinya apa Gedung C lantai 4 no 6. Gua naik tangga lagi nyampe lantai paling atas. Lumayan pagi-pagi naik turun tangga buat ngeluarin keringet. Ruang tes gua itu ruang terakhir di umitra. Pas gua nyampe di depan ruang tes gua coba dorong pintunya siapa tau aja kebuka e gak taunya beneran bisa di buka . Gua langsung nyari tempat duduk. Tempat duduk gua di nomor 113-27-04426. Gua nyari di depan karna biasanya gua duduknya di depan. Gua liat di empat kursi paling depan gak ada. Gua coba ke tengah-tengah juga gak ada. Gak taunya gua duduk paling belakang di sebelah kanannya orang yang duduk di pojok kiri.

Udah tau tempat tes, gua keluar. Begitu nutup pintu dari luar, tiba-tiba perut kerasa mules pengen boker kayaknya. Gua turun lagi ke bawah nyari toilet. Toiletnya emang sih ada empat tapi tempatnya gelep pisan ei dan cuman satu yang ada lampunya. Di tempat yang ada lampunya itu pun gak ada kuncinya. Terpaksa deh gua tahan. Trus gua ke halaman depan. Bokap,adek sama sodara gua ada di sana. Sekalian nungguin temen-temen yang dari smansa.

Gua duduk di bangku panjang di deket gerbang. Udah banyak peserta tes yang dateng. Gak lama dari situ, aji sama ichwan dateng. Aji duduk di samping saya sedangkan ichwan sibuk nyariin ruang tesnya. Barulah mustika dateng. Dia seruangan sama ichwan. Pas jam tuju saya sama aji ke ruang tes. Aji juga di gedung C tapi di lantai dua. Di depan ruang tes gua, udah ada beberapa orang yang nunggu. Pengawasnya belom dateng dan pintu ruangannya masih kekunci.

Pengawasnya dateng, barulah pintu dibuka. Kita orang masuk satu per satu sambil nunjukin kartu tes sama surat keterangan lulus. Gila! saya deg-degan dari mulai naek tangga tadi nyampe masuk ruangan. Gak cuman deg-degan tapi juga sambil nahan boker. Saya takutnya gak ketahan aja pas tes.

Tesnya dimulai jam lapan tapi masuk ruangannya jam setengah delapan jadi ada waktu setengah jam buat ngisi biodata. Sebenernya sih kelamaan ngisi biodata doang ampe setengah jam tapi mau diapain lagi orang dari sananya udah kayak gitu. Biodata itu gak boleh salah sama sekali. Salah satu huruf aja bisa teramat sangat fatal akibatnya. Gua ngisinya dengan sangat hati-hati pas udah selesai gua cek lagi siapa tahu ada yang selip.

Tes dimulai kalo sirine udah dibunyiin. Bukannya tenang gua malah tambah deg-degan. Padahal yang diadepin cuman tpa. Saya ngerjain tpa dari belakang karna bagi saya soal-soal yang di belakang lebih enak-enak daripada di depan. Sebenernya sih sama aja orang semua bakalan dikerjaain. Setelah ngejain satu jam sirine tanda istirahat bunyi. Kita orang istirahat pat puluh lima menit trus masuk lagi ngerjain tes kemampuan dasar.

Di kemampuan dasar, bahasa inggris masih menjadi momok menakutkan buat gua. Selama gua try out, gua pernah dapet nilai mines di bahasa inggris. Minesnya gak tanggung-tanggung lagi mines enam. Makanya gua ngerjain bahasa inggris duluan ketimbang madas sama bahasa indonesia daripada nanti waktunya habis sebelum ngerjain bahasa inggris apalagi kalo udah males ngeliat teks-teksnya yang super panjaaaaaaang n gak tau dah itu artinya apaan.

Bahasa inggris gua cuman ngerjain empat nomor ya setidaknya ada satu nomor yang yakin jadi nilainya gak mines. Sedangkan madas sama bahasa indonesia lumayan sih yang gua kerjain meskipun ngerjainnya sambil demam panggung n buru-buru gara-gara waktu satu jam itu rasanya kurang banget.

Hari pertama pun selesai. Agak lega. Tinggal nunggu hari esok buat penghabisan.

Di hari kedua lagi-lagi gua jadi peserta tes yang dateng pertama di Umitra. Pas jam enam kosong kosong gua udah nyampe di umitra. Masih sepi banget. Klining servis lagi pada sibuk ngepel. Semua berjalan sesuai rencana. Masuk seperti biasa. Bedanya kali ini gak kerasa pingin boker dan lebih tenang menghadapi soal. Pinter –pinter atur strategi aja gimana caranya biar gak ada nilai mines.

Gua ngerjain mtknya duluan trus fisika setengah jalan dilanjutin kimia satu nomor yang yakin trus biologi satu nomor yakin. Biar gak ada nilai nol kalo-kalo waktunya tiba-tiba habis. Waktu tinggal lima belas menit gua udah selesai tinggal sisa soal-soal yang gua gak tau caranya. Gua balik lagi ke mtk. Ada satu nomor yang bikin penasaran. Nomor dua. Soalnya gini cot 105 + sin 15 = ... untuk memuaskan rasa penasaran gua, sisa waktu lima belas menit gua pake buat ngerjain ini soal. Pas sirine tanda waktu abis, gua belom selesai. Gua lanjutin ngitung ampe ketemu. Dan akhirnya ketemu hasilnya sebelum pengawas ngambil LJK gua.
SBMPTN pun usai. Dengan penuh rasa lega dan harapan akan mendapat hasil maksimal. Tinggal nunggu pengumannya tanggal 12 Juli 2013.

Selain SBMPTN, gua juga udah ikut SNMPTN. Gua ambil IPB statisika sama mtk tapi sayang gak lulus. SBMPTN ini gua milih mtk UI, statistika UGM ama statistika IPB. Selain itu, gua juga daftar stis yang alhamdulillah udah nyampe tahap dua yang tinggal nunggu pengumuman tanggal 28 ini. Dan juga STAN masih nunggu jaadwal verifikasi berkas.

Semoga Allah memberikan yang terbaik buat gua. Amin.
Comments
0 Comments

No comments: