Saturday, 12 April 2014

Hargailah Setiap Karya, Kawan!



Teknologi terus bergerak maju. Itu merupakan sebuah keniscayaan yang tak terelakkan. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini, jumlah blogger juga terus bertambah banyak. Tak hanya blogger di luar negeri, blogger di Indonesia saja sudah mencapai lebih dari lima juta blogger. Angka yang fantastis untuk ukuran jumlah blogger sebuah negara.

Tapi sayangnya, blogger-blogger tersebut banyak yang tidak menggunakan ide dan kreatifitasnya untuk menulis. Mereka hanya copy-paste dari blogger-blogger lain. Perilaku blogger yang seperti ini tentu sangat tidak dikehendaki. Dalam menghasilkan sebuah karya, seperti menulis, dibutuhkan ide-ide segar dan kreatifitas dalam pembuatannya. Jika hanya copy-paste, lantas apa hakikat karya tersebut?

Ironinya, blogger-blogger yang telah memiliki Nama Domain dan Web Hosting Indonesia sekalipun masih melakukan copas. Buat apa mereka menghabiskan uang mereka hanya untuk copas. Ini sama saja menghambur-hamburkan uang. Mereka menghabiskan uang hanya untuk mengecewakan orang lain?

Tindakan copy-paste artikel dari blog lain sama saja dengan mencuri. Apalagi copy paste tanpa izin dan tidak mencamtumkan sumber pada blognya.

Copy-paste akan menenggelamkan karya-karya hasil ide dan kretifitas orang lain. Membuat karya dengan hasil ide dan kreatifitas bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Karya seperti tak dihargai jika ada yang meng-copas-nya. Alangkah buruknya orang yang melakukan copy paste itu. Mereka mengorbankan karya buah pikir orang lain hanya untuk kepentingan blognya sendiri.

Copas juga akan menghilangkan sisi orisinil sebuah karya. Sebuah karya yang tadinya dibuat dengan sepenuh hati dan dengan ide dan kreatifitas yang tinggi bisa dalam sekejap kehilangan sisi orisinilnya karena banyak blogger yang meng-copas karyanya. Pengunjung akan menemukan banyak tiruan dan menganggap semua tulisan sama, sama-sama copas. Tidak terlihat lagi mana yang asli dan mana yang copas.

Dampak buruk copas juga sebenarnya akan menimpa pelaku copas itu sendiri. Dengan copas, ia akan membunuh ide dan kreatifitasnya sendiri. Menulis menjadi tidak bernilai seni lagi. Menulis menjadi hal yang monoton dan sangat membosankan. Betapa tidak. Hanya dengan berbekal searching, menemukan artikel yang menarik lalu copas. Begitu monoton, membosankan dan tak bernilai seni sedikit pun. Justru membunuh ide dan kreatifitas sendiri.

Dampaknya juga terjadi pada pengunjung. Dampak bagi pengunjung adalah mereka tidak bisa menemukan mana penulis sebenarnya, orang yang menulis dengan ide dan kreatifitasnya sendiri. Pengunjung tak bisa membedakan antara penulis yang benar-benar penulis dengan penulis gadungan yang hanya copas.

OK teman-teman blogger. Mengapa kita harus copas? Kita bisa kok membuat tulisan sendiri. Kita bisa berkarya dengan hasil pikiran kita sendiri. Kita bisa berkarya dengan ide dan kreatifitas kita masing-masing. Kita tumbuhnya seni dalam menulis. Kita munculkan ide dan kretifitas kita. Demi blogger Indonesia yang menghargai setiap karya karena setiap karya itu luar biasa.

Mari kta Berantas Blogger Copas. Dimulai dari diri kita sendiri. Dimulai sejak saat ini. Aku yakin kita bisa.



Comments
0 Comments

No comments: