Friday 13 June 2014

Kenapa ya telur dinosaurus ini kecil-kecil ?

 

Diplodocus merupakan salah satu dinosaurus terbesar yang pernah berjalan di bumi, namun sang betina hanya menghasilkan beberapa telur kecil. Sekarang, para ilmuwan mengatakan bahwa mereka telah memecahkan misteri: Waktu inkubasi yang cukup besar diperlukan oleh embrio sauropod untuk berkembang mungkin dibatasi oleh ukuran telur.
Sauropoda, termasuk Diplodocus, apatosaurus, dan raksasa lainnya yang ramah, memiliki leher dan ekor yang sangat panjang sampai 33 meter dan 16.000 kilogram berat badan. Memiliki ukuran kopling lebih kecil jika dibandingkan dengan hewan petelur modern; dan masing-masing telur, yang diinkubasi dalam sarang bawah tanah, beratnya sekitar 1,5 kilogram. Itu hanya sedikit lebih berat dari telur burung unta.

Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi ukuran kopling sauropod, sebuah tim yang dipimpin oleh Graeme Ruxton dari University of St Andrews di Inggris menganalisis data dari burung modern dan buaya. Burung yang hidup dengan telur terbesar, burung unta, telur berinkubasi selama 42 hari; dan selama waktu ini, banyak telur yang dimakan predator.

Duo ini memperkirakan bahwa waktu antara bertelur dan menetas dino adalah antara 65 dan 82 hari. Masa inkubasi yang panjang ini meningkatkan risiko predasi - yang, ditambah dengan suhu relatif rendah diharapkan di sarang, mungkin telah membatasi ukuran telur dan cengkeraman.

Memiliki telur yang lebih besar akan berarti ukuran tukik yang lebih besar, yang bisa saja menguntungkan; namun manfaatnya mungkin telah sebanding dengan peningkatan risiko predasi telur. Dengan meletakkan telur mereka dalam cengkeraman kecil, dan di lokasi sarang yang berbeda, dinosaurus perempuan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melindungi anak-anak mereka dari predator.

"Beberapa orang mungkin merasa agak mengecewakan bahwa dinosaurus raksasa tidak bertelur sama raksasa," kata Ruxton dalam rilis berita, "tapi itu sangat memuaskan untuk berpikir bahwa kita akhirnya bisa memahami mengapa."

Comments
0 Comments

No comments: