Thursday 5 June 2014

Ujian Akhir Semester Statistika Elementer



Tahun Ajaran 2009/2010

1.    Sektor perbankan saat ini memberikan banyak fasilitas untuk memudahkan konsumen. Salah satu fasilitas adalah kartu debit tanpa password dan memungkinkan menarik dana tunai. Kepada 1500 pelanggan, diberikan pilihan untuk menggunaka atau tidak. Ternyata hasilnya menunjukkan bahwa 600 orang setuju untuk menggunakan, sedangkan sisanya tidak. Tentukan interval kepercayaan 99% untuk proporsi yang setuju untuk menggunakan kartu debit tersebut.

2.    Suatu metode perawatan baru diperkenalkan untuk menyembuhkan tulang kaki yang patah. Pernyataannya adalah bahwa lama waktu seseorang penderita harus memakai gips dan memakai tongkat menjadi berkurang. Catatan menunjukkan, bahwa dengan metode lama, seseorang penderira rata-rata memerlukan 20 hari untuk sembuh dari patah tulang. Suatu sampel acak terdiri atas 16 orang yang mendapat metode perawatan baru, menunjukkan bahwa rata-rata lama waktu yang diperlukan untuk pulih kembali adalah 18 hari dengan standar deviasi 2,5 hari. Apakah pernyataan mengenai metode perawatan baru tersebut benar? Ujilah dengan  (Diasumsikan bahwa populasi mendekati distribusi normal)

3.    Suatu penelitian dilakukan untuk melihat apakah peningkatan komsemtrasi substrat akan memberikan pengaruh yang berarti pada kecepatan suatu reaksi kimia. Reaksi sebanyak 15 kali dicoba dengan konsentrasi substrat sebesar 1,5 mol per liter dan menghasilkan kecepatan rata-rata 7,5 mikromol per 30 menit dengan standar deviasi  1,5. Dengan  konsentrasi substrat 2,0 mol per liter, reaksi dicoba sebanyak 12 kali dan menghasilkan kecepatan rata-rata 8,8 mikromol per 30 menit dengan standar deviasi 1,2. Apakah peningkatan konsentrasi substrat dapat menaikkan kecepatan rata-rata lebih dari 0,5 mikromol per 30 menit? Ujilah dengan ! Diasumsikan bahwa kedua populasi mendekati distribusi normal dengan variansi yang sama.

4.    Suatu penelitian dilakukan terhadap 179 orang yang diklasifikasikan menurut umur dan banyaknya kartu kredit yang dimiliki. Hasilnya adalah sebagai berikut :
Umur (tahun)
Banyaknya kartu kredit
>3
25-40
74
20
>40
50
35
Apakah ada ketergantungan antara umur seseorang dan banyaknya kartu kredit yang dimiliki ? Ujilah dengan menggunakan !
5. Seseorang direktur pelatihan sedang melakukan evaluasi terhadap 3 metode pelatihan baru yang dilakukan perusahan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Direktur ini ingin melihat efektifitas dari masing-masing metode yang telah dilakukan. Untuk itu dipilih secara acak 5 orang karyawan yang mengikuti metode I ,5 orang mengikuti metode II dan 6 orang mengikuti metode III. Kemudian dicatat output yang mereka hasilkan. Hasilnya adalah :

Metode I
Metode II
Metode III
17
21
19

 : output karyawan ke-j yang mengikuti metode pelatihan ke-i.
Diketahui pula bahwa Jumlah Kuadrat Error ( ) adalah 193. Apakah ketiga metode pelatihan mempunyai efektifitas yang berbeda ?Ujilah dengan !

6.    Pada suatu bulan tertentu, perusahaan A dapat menjual rumah sebanyak 6 buah.
Data harga jual dan ukuran rumah adalah sebagi berikut :
Harga jual (jutaan rupiah)
100
125
115
120
80
110
Ukuran rumah (meter persegi)
75
150
130
120
45
100

Dari data tersebut, perusahaan berkeyakinan bahwa ada hubungan linier yang posotif antara ukuran rumah dengan harga rumah. Ujilah keyakinan perusahaan tersebut dengan !
Comments
0 Comments

No comments: