Thursday 5 June 2014

Ujian Tengah Semester Statek



Ujian Tengah Semester Statistika Elementer
Tahun Ajaran 2009/2010

1.  1. Seorang dosen yang telah mengajar mata kuliah statistika selama beberapa tahun di suatu Universitas mengetahui bahwa 80% mahasiswa mengerjakan tugas yang diberikan. Ia juga mengetahui bahwa diantara mahasiswa yang mengerjakan tugas, 90% diantaranya akanlulus mata kuliahnya. Sedangkan diantara mereka yang tidak mengerjakan tugas, 60% akan lulus. Seorang mahasiswa dipilih secara acak dan diketahui bahwa ia memperoleh nilai yang diperlukan untuk lulus. Berapa probabilitas bahwa mahasiswa tersebut mengerjakan tugasnya?

3. 2. Seorang pengacara setiap hari pergi dari rumahnya di pinggiran kota ke kantornya ditengah kota. Secara rata-rata, perjalanan itu memakan waktu 24 menit dengan standar deviasi 3,8 menit. Diasumsikan bahwa waktu perjalanan berdistribusi normal.
a.       Jika kantor buka pukul 09.00 dan pengacara tersebut meninggalkan rumah pukul 08.45, berapa probabilitas bahwa ia akan datang terlambat ke kantor?
b.      Berapa probabilitas bahwa suatu perjalanan dari rumah ke kantornya akan memakan waktu paling sedikit  jam?
c.       Hitung probabilitas bahwa 2 diantara 3 perjalanan ke kantor berikutnya akan memakan waktu paling sedikit  jam.

4.    3. Suatu penelitian di bidang kedokteran gigi melaporkan bahwa 40% anak-anak dibawah umur 10 tahun menggunakan kawat gigi. Dalam suatu kelompok yang terdiri atas 30 anak-anak yang berumur dibawah 10 tahun, tentukan probabilitas bahwa:
a.       Lebih dari 15 anak menggunakan kawat gigi.
b.      Terdapat 8 anak menggunakan kawat gigi.
Comments
0 Comments

No comments: