Monday, 30 April 2012

Bangga tapi miris


Dalam rilis yang dilakukan Forber, majalah ekonomi terkemuka di Dunia, ada 10 perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar 2000 top perusahaan Dunia. Sebagai bangsa Indonesia kita pasti banggalah ya mendengar berita ini. 6 dari 10 perusahaan tersebut merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, sementara sisanya milik swasta.
Capaian terbaik perusahaan Indonesia adalah berada di posisi 479 yang diraih PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Di belakangnya menyusul Bank Mandiri Tbk, Bank Central Asia Tbk, Telkom Indonesia, Bank Negara Indonesia, PGN, Gudang Garam, Bank Danamon Indonesia, Semen Gresik, dan Bumi Resources. Acungan jempol deh buat mereka yang udah ngebanggain nama bangsa dan negara.
Tapi tunggu dulu. Tahu gak gan ? ternyata e ternyata, Forbes merilisnya hanya dari 66 negara saja. Sementara Perusahaan  Indonesia yang masuk daftar hanya 10 atau kalau dihitung – hitung Cuma 0,5 % doang. Sungguh miris ! Indonesia kalah jauh dari negara lain. Sebut saja Amerika, di tengah krisis ekonomi, negara adidaya itu masih mampu menempatkan 524 perusahaanya di jajaran atas. Sementara Jepang ni gan 258 perusahaan.
Apalagi kalo kita bandingin sama Inggris atau Korea Selatan, kalh jauh deh negara kita. Inggris punya 93 perusahaan sementara Korsel 68. Bahkan ni gan, perlu agan semua ketahui bahwa Indonesia masih ecek – ecek dibanding India yang berhasil memasukkan 61 perusahaannya. 

baca juga ea
           Aspirasi atau Anarki





Comments
0 Comments

No comments: