Thursday 1 May 2014

UI SATU-SATUNYA WAKIL ASIA DI KOMPETISI ITALIA

Paduan Suara Mahasiswa Paragita Universitas Indonesia berhasil menjadi satu-satunya wakil dari Asia dalam kompetisi paduan suara 62nd Guido d’Arezzo International Polyphonic Competition di Arezzo, Italia. Kompetisi tersebut akan dihelat pada 28-30 Agustus 2014 mendatang.

“Kali ini Paragita tidak hanya membawa nama Indonesia, tapi juga sebagai wakil Asia di ajang kompetisi ini. Mudah-mudahan kami bisa mengemban tugas ini dengan baik dan mengharumkan nama bangsa melalui seni paduan suara,” ujar Ketua Tim Pelatih PSM UI Paragita Aning Katamsi dalam siaran pers, Rabu, 30 April 2014.

Paragita akan berlaga menghadapi lima belas paduan suara asal Italia, Estonia, Hungaria, Slovenia, Kroasia, Spanyol, Prancis, Republik Ceko, dan Polandia. Mereka akan berlaga dalam dua kategori lomba dan satu kompetisi festival. Mereka mengikuti jenis kompetisi paduan suara campur (mixed choir), paduan suara kelompok kecil (equal or mixed choir vocal ensemble) dan kompetisi festival berdasarkan periode musik paduan suara (historical period).

Kor-kor yang terpilih sebagai peserta merupakan hasil saringan dari ribuan aplikasi yang masuk ke Fondazione Guido d'Arezzo selaku penyelenggara kompetisi. Guido d'Arezzo International Polyphonic Choir Competition merupakan bagian dari European Grand Prize for Choral Singing atau yang disingkat EGP.

EGP adalah jaringan sindikasi enam kompetisi yang sepakat mempertandingkan enam juara umum dari enam kompetisi di negara yang berbeda setiap tahunnya. Mereka akan memperebutkan gelar bergengsi European Grand Prize yang menjadi gelar prestisius dalam dunia paduan suara. Enam kompetisi itu selain Arezzo adalah Bela Bartok International Choir Competition (Hungaria), International Choral Competition Maribor (Slovenia), Tolosa Choral Competition (Spanyol), Tours Vocal Competition (Prancis), International May Choir Competition Prof G. Dimitrov, Varna (Bulgaria).

Guido d'Arezzo sendiri merupakan nama yang sangat berarti bagi Provinsi Arezzo—termasuk dalam wilayah Toscana, Italia. Guido merupakan biarawan pada masa kegelapan eropa yang memperkenalkan solmisasi "ut-re-mi-fa-so-la" sebelum kemudian berkembang menjadi "do-re-mi-fa-so-la". Sedangkan PSM UI Paragita tercatat sebagai salah satu paduan suara mahasiswa terbaik di Indonesia. Tahun lalu, mereka keluar sebagai juara kedua dalam Andrea O Veneracion International Choir Festival di Manila, Filipina.

Mereka telah membuat UI bangga. Seluruh civitas akademika Universitas Indonesia bangga dengan prestasi mahasiswa-mahasiswanya yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Indonesia pun patut bangga dengan mereka. Merekalah putra-putri terbaik bangsa.

Universitas Indonesia tak pernah kehabisan stok mahasiswa-mahasiswa terbaik bangsa. Selalu ada saja mahasiswa yang mengharumkan nama almamater dan nama bangsa di kancar dunia internasional. Sebagai Universitas terbaik di Indonesia, UI akan selalu memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.
Comments
0 Comments

No comments: